Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Profil MxPx

MxPxProfil MxPx. Siapa yang tidak kenal MxPx, orang yang menyukai lagu punk atau setidaknya tauh sedikit tentang lagu yang mempunyai hentakan keras seperti NOFX pasti dia akan mengetahui siapa MxPx. MxPx sudah menjadi inspirasi bagi banyak orang terutama kawula muda yang gemar aliran punk. Band yang sudah menghasilkan 12 Album dalam 9 tahun ini dibentuk tahun 1993 di Bremerton, Washington oleh tiga orang punkers, Mike Herrera (vokal/bass), Yuri Ruley (drum) dan Andy (gitaris pertama MxPx) yang waktu itu masih SMU.

Kesukaan Andy pada kaus bermotif kotak-kotak menjadi inspirasi nama band mereka, Magnified Plaid - sebenarnya mereka pun tidak menyukai nama ini hingga mereka singkat menjadi M.P. Tapi di tangan Yuri yang juga menjabat sebagai disainer dari poster/flyer konser awal mereka, nama ini berubah jadi MxPx yang bertahan sampai sekarang.

Bila dibandingkan dengan Band Punk tersohor seperti Green Day, musik punk MxPx bisa dibilang masih pure (murni). Hentakan musik punknya lebih kasar, keras dan cepat. Kalau kamu doyan teriak-teriak dengan tempo cepat, nggak ada salahnya punya kaset MxPx. Selain liriknya membumi, musiknya juga banyak yang enak didengar.

Lewat 'Pokinatcha' , MxPx menjadi terkenal di komunitas skate/surf dan punk underground yang dengan cepat diikuti oleh 'Teenage Politics' dengan hit single-nya "Teenage Politics". Tidak lama kemudian mereka diwisuda (SMU) dan hanya 2 hari setelahnya MxPx, pergi tur keliling AS pertama.

Jalan menuju sukses di pasar sekuler sebenarnya terbuka ketika album ke-5 'Life In General' dirilis tahun 1996, ketika label sekuler A&M Records tertarik dan kemudian bekerjasama dengan Tooth and Nail Records merilis ulang album tersebut. Album ini menghasilkan klip "Chick Magnet" yang sering diputar di MTV dan membawa MxPx tur dengan band-band seperti Rancid, Bad Religion dan NOFX.

Chordnya bisa di lihat di Chord MXPX

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment